The Purple Basket Team

dok. Ida Robit
dok. Ida Robit

Genre: Novel Anak
Penulis: Ida Robit
Penerbit: Noura Books, 2013
Tebal: 176 hlm
Ukuran: 14,5 x 21 cm
ISBN : 978-602-7816-04-6

Dalam novel anak ini dikisahkan tentang NIKITA, gadis kecil kelas 6 SD yang kedua orangtuanya sudah pisah sejak ia masih kecil. Diawali dari kepindahannya dari sekolah lama ke sekolah baru (Marigold Girl Elementary School), kisah berlanjut ke passion-nya membentuk sebuah tim basket putri di sekolahnya. Ia dibantu Kak Dude (kakak tirinya) yang menjadi pelatih basket. 

Saat timnya akan ikut dalam turnamen basket antar SD se-Jakarta, Nikita tidak bisa turut serta karena Ayah kandungnya terkena kolik ginjal dan hrs dirawat di RS. Akhirnya Nikita terpaksa menemani Ayahnya di RS, dan melepaskan cita-citanya untuk tampil dalam turnamen tersebut. Teman-teman Nikita mengusulkan agar ia mengadakan acara serupa di sekolah Marigold. Sanggupkah Nikita? Meskipun harus berjuang juga utk menghadapi ulangan2 dan UAS di sekolah, Nikita bisa menjadi leader untuk menyelenggarakan sebuah acara kompetisi bola basket se-Jakarta Selatan. Pesertanya total hanya 8 tim, dan diadakan di sekolah Marigold.

Perjuangan Nikita tidak sia-sia, ia didukung oleh Ayah Billy yang dulunya juga seorang jagoan basket (sama spt Kak Dude) utk hal-hal yg butuh bantuan orang dewasa. Teman-teman satu tim basket juga menjadi sahabat sejatinya, termasuk Arumi yang semula di awal cerita adalah seorang tokoh antagonis yang tidak suka dengan Nikita karena kehadirannya di Marigold menjadi pusat perhatian menarik bagi para siswi. Membuat Arumi merasa tersaingi, hingga ia melakukan kejahatan kecil untuk merusak kegiatan ekskul basket yg diadakan setiap hari Minggu pagi di sekolah. Sampai akhirnya, Arumi benar2 jera dan memohon utk bergabung di tim basket putri yang dipimpin oleh Nikita. Seru kan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *