3 Buku Kang Abik yang Filmnya Disutradarai Chaerul Umam

Chaerul Umam3Siapa yang tidak kenal film Ayat-Ayat Cinta? Film yang diangkat dari novel fenomenal karya Habiburrahman El-Shirazy yang biasa disapa Kang Abik, sukses di layar lebar. Meski begitu, banyak yang tidak puas dengan penggarapan film tersebut. Film yang disutradari Hanung Bramantyo itu dianggap kurang sesuai dengan ekspektasi pembaca novelnya. Oleh sebab itu, pada film-film selanjutnya, Chaerul Umam dipercaya sebagai sutradaranya.

Chaerul Umam adalah sutradara yang banyak mendapat penghargaan dari dunia perfilman. Caherul Umam sukses menggarap film-film islami, seperti film Al-Kautsar, Titian Serambut Dibelah Tujuh, Nada dan Dakwah, dll. Sutradara kawakan ini dianggap mampu menggarap novel-novel Kang Abik yang islami. Ada 3 judul buku Kang Abik yang filmnya disutradari oleh Chaerul Umam. Apa saja?

 

Ketika Cinta Bertasbih

ketika cinta bertasbih

Novel pertama Kang Abik yang disutradari Chaerul Umam adalah Ketika Cinta Bertasbih yang penjualannya sukses di pasaran. Film ini diproduksi oleh SinemArt Picture, beredar di bioskop-bioskop pada tanggal 11 Juni 2009. Film ini dibintangi oleh Oki Setiana Dewi bersama Kholidi Asadil Alam. Seperti sudah diduga sebelumnya, film yang disutradarai Chaerul Umam ini mendapat 7 penghargaan, dua diantaranya dari Festival Film Bandung dan 5 lainnya dari IMA (Indonesia Movie Awards).

Ketika Cinta Bertasbih 2

ketika-cinta-bertasbih-2

Kesuksesan Ketika Cinta Bertasbih diikuti lanjutannya, film Ketika Cinta Bertasbih 2. Film ini juga diangkat dari novel Kang Abik dengan judul yang sama. Film yang dirilis pada tanggal 17 September 2009 juga diproduksi oleh sinemArt Pictures. Film ini mendapat dua penghargaan sekaligus dari Festival Film Bandung di tahun yang sama.

Cinta Suci Zahrana

cinta suci zahrana

Sukses Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2 segera diikuti oleh produksi film lainnya. Novel Cinta Suci Zahrana dipilih untuk difilmkan. Film produksi SinemArt Picture ini lagi-lagi disutradari oleh Chaerul Umam. Film yang dibintangi oleh Meyda Safira dan Miller Khan ini bercerita tentang seorang perempuan cerdas dan terus mengejar kariernya sehingga lupa dengan urusan pernikahannya. Film ini beredar pada tanggal 15 Agustus 2012 dan cukup sukses di layar lebar.

Itulah 3 film yang disutradari oleh Chaerul Umam yang diangkat dari novel-novel fenomenal karya Kang Abik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *