Ayat-Ayat Cinta

Genre: Novel
Penulis: Habiburrahman El Shirazy
Penerbit: Republika
Terbitan: Desember, 2004
Tebal: 418 hlm
Ukuran: 20,5 x 13,5 cm
ISBN: 979-3604-02-6

Fahri bin Abdillah, pelajar asal Indonesia, berusaha menggapai gelar masternya di Al-Azhar. Di Mesir, ia harus berhadapan dengan cuaca panas. Ia menjadi penerjemah buku-buku agama untuk memenuhi kehidupannya di Mesir.

Fahri tinggal di sebuah flat bertetangga dengan Maria Girgis, seorang gadis cantik penganut Kristen Koptik yang suka membaca surat Maryam. Fahri dan Maria berteman baik. Maria mengagumi Fahri. Kekaguman yang lembat laun berubah menjadi cinta. Namun, Maria hanya mampu mencurahkan perasaannya itu pada diarinya.

Fahri justru menaruh hati kepada Nurul, sesama penuntut ilmu dari Indonesia. Nurul anak seorang kyai. Hal itulah yang membuat Fahri menjadi minder. Sebagai anak keturunan petani, ia merasa Nurul seperti bintang-bintang di langit.

Suatu hari, Fahri menolong seorang gadis Mesir bernama Noura, salah seorang tetangga yang selalu disiksa Ayahnya sendiri. Hal itu membuat Noura menaruh hati kepadanya. Sayangnya, Fahri hanya berempati saja kepada Noura. ia hanya ingin menolong gadis itu. Namun, Noura mengharapkan lebih dari itu. Keinginan Noura itulah yang di kemudian hari menyebabkan gadis itu menuduh Fahri memperkosanya.

Gadis lain yang muncul dalam kehidupan Fahri adalah Aisha. Ia mengenal Aisha dalam suatu kejadian di metro, saat Fahri membela Aisha yang memberikan tempat duduknya kepada seorang nenek asal Amerika. Sikap Aisha mendapat tentangan dari penumpang lain sehingga Fahri membelanya. Setelah Fahri mengatakan bahwa dirinya pelajar Al Azhar, para penumpang menghagainya. Sejak itu, Fahri menjadi dekat dengan Aisha.

Bagaimana kelanjutan kisahnya? Baca saja pratinjaunya di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *