Pola Komunikasi di FLP Yogyakarta dalam Menggerakan Dakwah Bil-Qalam

Skripsi Rahmawati (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015)

Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Kemajuan media komunikasi sekarang berpengaruh dalam perkembangan dakwah saat ini. Terlebih lagi, dalam dakwah bil-qalam yang dilakukan oleh generasi muda yang masih belum stabil. Terbukti masih banyak di dominasi oleh dunia kepenulisan yang jauh dari nilai manfaat. Oleh karena itu salah satu wadah untuk generasi muda Islam agar terus menggerakkan dakwah bil-qalam ini sangat diperlukan. Forum Lingkar Pena (FLP) Yogyakarta ini hadir sebagai wadah organisasi kepenulisan baik fiksi dan non fiksi yang memiliki visi misi untuk menjadi sebuah organisasi yang memberikan manfaat bagi pembaca. FLP Yogyakarta ini sudah identik dengan Keislaman, Organisasi, dan Kekaryaan.

Mengingat pentingnya sebuah komunikasi, di FLP Yogyakarta masih mengalami hambatan dalam berkomunikasi antara pengurus dengan anggota. Terbukti, masih banyak anggota yang tidak berperan aktif di setiap kegiatan. Sehingga, penelitian ini menganalisis tentang pola komunikasi serta hambatan komunikasi yang ada di FLP Yogyakarta. Penelitian ini merupakan kuantitatifdeskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jaringan komunikasi dengan teknik pemgumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini di telaah melalui teori pola jaringan komunikasi.

Skripsi ini juga menganalisis tentang hambatan pola komunikasi yang terkait dengan adanya kasus tersebut yang dikemukakan oleh Wursanto yang terdiri dari hambatan yang bersifat teknis, hambatan perilaku, hambatan bahasa, hambatan struktur, hambatan jarak dan hambatan latar belakang. Setelah dilakukan analisis jaringan komunikasi, diperoleh hasil bahwa pola komunikasi yang terbentuk adalah pola jaringan memusat atau pola roda. Kemudian sebagian besar individu #8 berperan sebagai star, opinion leader dan gate keepers di FLP Yogyakarta serta faktor hambatan yang terjadi paling banyak muncul adalah hambatan jarak, bahasa, dan perilaku.

Baca atau unduh file skripsinya di http://digilib.uin-suka.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *