Mengirim Tulisan Jalan-Jalan ke Media

Oleh Benny Rhamdani

Mari berbagi kisah pengalaman wisata dengan menuliskannya untuk rubrik jalan-jalan di media. Apa yang bisa ditulis dan bagaimana caranya? Berikut panduannya:

Rubrik jalan-jalan adalah tulisan tentang perjalanan secara umum. Bisa berupa liburan ke museum di Singapura atau liburan ke Phuket. Panjang tulisan biasanya antara 7.500 sampai 11.000 karakter.

Apa yang bisa ditulis?

  1. Tentunya apa yang dirasakan, dilihat, dan dinikmati selama liburan. Misalnya, selama ke Phuket ke mana saja.

  2. Halaman Jalan-Jalan memuat pula panduan singkat yang diberi judul besar Naik Apa. Sesuai judulnya, tulisannya memuat tips memilih maskapai penerbangan atau musim kunjungan yang paling tepat. Kemudian berapa sih biaya VISA (jika diperlukan). Termasuk harga hotel dan kira-kira berapa total biaya yang dihabiskan selama liburan, untuk pesawat, hotel, makan, dan transportasi. Biayanya di luar suvenir. Ini tujuannya untuk memberi gambaran bagi pembaca lain, berapa kira-kira yang harus disiapkan untuk negara tujuan wisata.

  3. Sertakan aneka tips perjalanan. Kira-kira bentuknya, Do’s and Don’ts. Misalnya, kalau ke Paris apa yang harus diperhatikan dan apa yang harus dihindari.

Secara umum tulisan jalan-Jalan intinya seputar itu, dengan fokus utama poin ke satu.

Jangan lupa sertakan foto dalam resolusi sedang sebanyak-banyaknya. Minimal tujuh foto dan satu lagi foto diri. Selamat mencoba.

 

Sumber: http://www.bennyrhamdani.com

Catatan: diedit seperlunya oleh admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *